Bank Mandiri (BMRI) Menyiapkan Dana Tunai Rp26 T untuk Perayaan Nataru

Bank Mandiri (BMRI) Menyiapkan Dana Tunai Rp26 T untuk Perayaan Nataru

Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp26 Triliun untuk Periode Libur Natal dan Tahun Baru

Bank Mandiri (BMRI) telah menyiapkan alokasi uang tunai sebesar Rp26 triliun selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Alokasi ini mengalami kenaikan sebesar 4,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi tunai selama periode liburan yang berlangsung selama 33 hari, dari 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.

Alokasi Uang Tunai untuk Menyambut Libur Nataru

Wisnu Trihanggodo, SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa peningkatan alokasi uang tunai ini dilakukan berdasarkan proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat. “Berdasarkan historis, proyeksi kenaikan kebutuhan dana untuk ATM/CRM tahun ini sebesar 3,3%, dengan fokus pada mesin-mesin ATM/CRM di bandara, terminal, stasiun kereta, dan tempat-tempat wisata utama,” ujar Wisnu.

Bank Mandiri telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM dan EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025. Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi mencapai 12.885 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Sedangkan jaringan Mandiri EDC mencapai 258.000 unit di seluruh merchant.

Perkiraan Puncak Kebutuhan Uang Tunai

Bank Mandiri memproyeksikan bahwa puncak kebutuhan pengisian uang ATM akan terjadi dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2024 dan dua hari sebelum tahun baru 2025. Selain itu, transaksi pada mesin EDC juga diperkirakan akan meningkat selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, terutama dengan adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Hari Raya Natal.

Untuk mendukung transaksi non tunai nasabah, Bank Mandiri telah menyediakan 259.000 jaringan EDC. Selain itu, kartu uang elektronik Mandiri e-money sebanyak 947.000 juga didistribusikan ke jaringan cabang dan mitra merchant Bank Mandiri. Call Center 14000 dan Live Chat MITA pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000 siap membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Pemanfaatan Layanan Digital Banking

Bank Mandiri juga memastikan kesiapan jaringan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2025. Nasabah juga diajak untuk memanfaatkan fitur digital dalam Livin’ by Mandiri untuk kebutuhan transaksi finansial dan gaya hidup.

Livin’ by Mandiri menawarkan fitur lifestyle yang memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dengan sekali login, mulai dari akses ke rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja dalam satu aplikasi. Salah satu fitur yang tersedia adalah Livin’ Sukha yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, entertainment, pembelian voucher gim, tiket konser, dan lainnya.

Pertumbuhan Livin’ by Mandiri

Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Hingga Oktober 2024, pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri mencapai 28,1 juta pengguna, naik 32% secara YoY. Total nilai transaksi Livin’ by Mandiri mencapai Rp3.315 triliun dengan frekuensi transaksi mencapai 3,1 miliar.

Dengan persiapan yang matang dan berbagai layanan unggulan yang disediakan, Bank Mandiri siap mendukung nasabah dalam melakukan transaksi keuangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2025. Jaringan ATM, EDC, kartu uang elektronik, dan layanan digital banking akan menjadi solusi praktis bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi mereka selama periode libur yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *