Strategi Yang Bisa Dilakukan Untuk Hemat Biaya Asuransi Mobil

Tentu anda memahami bahwa ketika ada tambahan biaya untuk asuransi mobil maka pengeluaran bulanan Anda justru akan bertambah. Apalagi jika memilih asuransi di kategori asuransi comprehensive atau perlindungan menyeluruh yang biasanya preminya juga cukup tinggi.

Namun perlu diketahui bahwa hampir sama keadaannya dengan memilih asuransi kesehatan. Jika Anda memilih untuk perluasan perlindungan asuransi, maka premi yang harus dibayarkan tentu jauh lebih tinggi. Apalagi jika pada asuransi untuk jenis mobil semakin mahal dan semakin baru tipe kendaraan tentu biaya asuransi nya akan lebih tinggi pula. Tapi Anda juga harus tahu bahwa ada strategi untuk menghemat biaya asuransi kendaraan. Berikut ini bisa anda coba lakukan.

1. Naik Mobil Dengan Baik

Yang pertama tentu saja Anda harus berkendara dengan baik untuk mengurangi biaya premi kendaraan. Karena riwayat penggunaan mobil yang kurang baik akan membuat perusahaan asuransi menentukan premi sesuai dengan resiko. Yang artinya premi bisa saja dikeluarkan dengan biaya yang lebih mahal sebab ada riwayat pemakaian mobil yang buruk.

Misalnya saja seperti mobil sering ditilang polisi atau pernah terkena kasus hukum karena menabrak kendaraan lain. Hal seperti ini membuat anda menjadi pengendara yang cukup beresiko.

2. Kurangi Biaya Deductible

Selanjutnya Anda juga perlu ketahui, untuk menghemat biaya asuransi mobil maka harus kurangi biaya deductible. Deductible adalah biaya yang harus anda keluarkan Sebagai pemegang polis ketika ajukan klaim asuransi. Besaran deductible ini tergantung dari premi yang anda bayar.

Jika semakin besar preminya maka kecilĀ  biaya deductible yang diberikan oleh perusahan asuransi. Maka anda bisa pertimbangkan untuk membayar premi yang besar agar biaya deductible bisa berkurang.

3. Gunakan Diskon Dari Asuransi Yang Dibeli

Ada cukup banyak perusahaan asuransi di Indonesia terutama untuk asuransi mobil. Tidak heran mengapa untuk menggaet para pembeli asuransi, perusahaan asuransi memberikan diskon. Umumnya diskon yang diberikan adalah sebesar 25% dari pembayaran premi dan ini merupakan ketetapan dari OJK.

Anda tentu sangat bisa Untuk memanfaatkan diskon ini agar premi yang dibayarkan bisa berkurang. Bahkan Anda bisa melakukan diskusi dengan perusahaan seputar persentase diskon yang dibayarkan.

4. Kurangi Penggunaan Aksesoris Mobil

Untuk mengurangi biaya premi asuransi maka anda juga harus kurangi penggunaan aksesoris mobil. Sebenarnya aksesoris mobil tidak masuk dalam kebijakan polis asuransi. Anda bisa memberikan perlindungan terhadap aksesoris mobil dengan menambah perluasan asuransi.

Maka dari itu, sedikit aksesoris yang dipakai maka semakin kecil pula biaya premi anda. Atau bisa juga dengan tidak mengikutkan aksesoris mobil dalam ketentuan polis.

5. Gunakan Asuransi Mobil Dari Satu Perusahaan

Strategi dalam menghemat biaya untuk premi asuransi mobil adalah dengan menggunakan satu asuransi saja dari satu perusahaan. Karena jika anda memiliki lebih dari satu asuransi, maka sebenarnya hanya akan membuang-buang uang. Sebab premi yang harus anda bayarkan tentu harus dua kali lebih besar dari yang seharusnya padahal mobil anda jarang mengalami kerusakan.

Agar lebih bijak maka anda bisa membeli kartu asuransi pada satu perusahaan saja untuk membuat biaya pembayaran premi lebih ringan dan untuk mendapatkan diskon pula.

Itu tadi beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghemat asuransi mobil. Bagi Anda yang sedang mencari platform untuk pembelian asuransi kendaraan dengan diskon 25%, Anda bisa mengunjungi Lifepal. Di Lifepal tidak hanya akan mendapatkan diskon untuk biaya premi, tapi juga promo menarik lainnya.